Search This Blog

Translate

Wednesday, March 24, 2021

Snorkeling di Terumbu Karang Teluk Wondama

Kabupaten Teluk Wondama memiliki banyak sekali atraksi wisata alam yang menarik bagi wisatawan domestik maupun manca negara. Sebagai kabupaten bahari, Wondama memiliki banyak pantai dan terumbu karang yang layak untuk dilihat oleh para pencinta alam yang menaruh perhatian pada pelestarian keanekaragaman hayati dunia bawah laut. 

pantain dan terumbu karang di Kabupaten Teluk Wondama
Atraksi Wisata Bahari di Kabupaten Teluk Wondama

Di daerah sekitar kota Wondama sendiri ada sejumlah spot snorkeling yang bisa dilihat oleh wisatawan yang tertarik dengan keanekaragaman hayati hewan dan tumbuhan laut. Beberapa di antaranya dijelaskan di artikel ini. 

Pantai Ketapang Lima mudah dijangkau dengan naik ojek dari hotel tempat Anda menginap. Terumbu karangnya terletak sekitar 100 meter dari pantai. Lokasi yang agak jauh dari pasir pantai menjadikan terumbu karang di sana terlindung dari aktivitas manusia yang berpotensi merusak. Ke arah luar kota, ada Pantai Sobey, Pantai Wandamui, Pantai Rowor, dan Tanjung Duari yang juga bisa dikunjungi oleh wisatawan pencinta olah raga air snorkeling.

terumbu karang di kabupaten Wondama, Provinsi Papua Barat
Terumbu Karang di Kabupaten Teluk Wondama

Ada banyak spesies ikan warna-warni yang bisa kita jumpai di sana antara lain: Spinecheek Anemonefish (Premnas biaculeatus), Moorish Idol (Zanclus comutus), Emperor Angelfish (Pomacanthus imperator), Humphead Wrasse (Cheilinus undulatus), Sunset Wrasse (Thalassoma lutescens). Ada berbagai spesies boxfish, parrotfish, scorpionfish, goby, dan lain sebagainya.

Ada baiknya jika, wisatawan membawa sendiri perlengkapan snorkeling seperti kaca mata selam (mask), pipa napas (snorkel), serta kaki bebek (swim fins). Kamera bawah air seperti GoPro, Nikon W300 atau Olympus TG-6 dapat dipakai untuk memotret berbagai jenis ikan dan tumbuhan yang hidup di terumbu karang Teluk Wondama. 

Wisatawan Indonesia dan manca-negara yang ingin berkunjung ke Kabupaten Teluk Wondama, pertama-tama, perlu terbang ke Manokwari (ibu kota Provinsi Papua Barat). Maskapai penerbangan seperti Lion Air, Batik, Sriwijaya, menyediakan layanan terbang dengan harga yang terjangkau. Setelah tiba di Manokwari, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan dengan naik kapal ferry atau kapal penumpang kecil ke Wondama. Ada juga pesawat penumpang kecil milik Susi Air yang melayani penerbangan Manokwari - Wondama beberapa kali dalam seminggu.

Rute penerbangan dari Jakarta atau Denpasar ke Makassar, lalu Manokwari dan akhirnya menuju Rasiei di Kabupaten Teluk Wondama
Rute Penerbangan dari Jakarta ke Makasar, Manokwari dan Wondama

Selain aktivitas snorkeling, wisatawan bisa berkunjung ke berbagai tempat untuk menikmati kegiatan wisata alam lainnya seperti Kali Rowi di Rasiei untuk kegiatan hiking dan penjelajahan hutan sepanjang tepian kali, Bukit Wandamui untuk menikmati keindahan pemandangan Teluk Wandamui, Pantai Ramiki untuk melihat ekosistem Hutan Mangrove serta Bukit Aitumieri untuk menikmati aktivitas hiking, pengamatan kupu-kupu di hutan dan melihat bangunan bersejarah peninggalan Belanda yang pernah dijadikan sebagai sekolah pendidikan yang pertama bagi masyarakat asli Papua.

Informasi mengenai penginapan, tempat makan, jasa rental kendaraan serta pemandu wisata bisa dilihat di halaman Akomodasi, Restoran dan Fasilitas Pendukung.

Jika Anda tertarik untuk berwisata ke Teluk Wondama dan membutuhkan jasa pemandu wisata, silahkan menghubungi

Himpunan Pramuwisata Kabupaten Wondama dengan nomor kontak sebagai berikut:

Ketua - Rio Suabey: +62 821 9869 4761

Wakil- Eky: +62 812 4893 1154

Sekretaris: Amsal Tinoring: +6282197937120


Artikel ini ditulis oleh LCR-DPDHPIPB

No comments:

Post a Comment

Follow by Email