Search This Blog

Translate

Tuesday, March 2, 2021

Wisata Pengamatan Burung di Kabupaten Wondama

Pengamatan burung adalah salah satu aktivitas wisata yang digemari oleh banyak orang baik di dalam dan di luar negeri. Salah satu destinasi penting di Provinsi Papua Barat yang bisa dikunjungi oleh wisatawan adalah Kabupaten Teluk Wondama. Ada banyak lokasi hutan yang bisa dikunjungi oleh wisatawan untuk melihat burung-burung tropis Papua dan satwa liar lainnya. Beberapa di antaranya adalah hutan di sepanjang tepian Kali Rowi dekat kompleks Kantor Bupati Teluk Wondama. Ada jalan raya yang sudah tidak dipergunakan lagi oleh warga yang melintasi bagian belakang kompleks perkantoran itu. Di pagi dan sore hari, biasanya burung-burung seperti Black Sunbird, Sulphur-crested Cockatoo, Blyth's Hornbill, Magnificent Riflebird, Eclectus Parrot, Pinon Imperial Pigeon, serta Grey Crow nampak hinggap di dahan pohon atau terbang melintasi hutan. 

Ekowisata Pengamatan Burung di Hutan Kabupaten Teluk Wondama
Aktivitas Wisata Pengamatan Burung di Wondama

Bila kita melakukan perjalanan dengan dengan kendaraan bermotor keluar kota, kita akan tiba di kawasan-kawasan hutan yang masih memiliki banyak satwa burung. Kegiatan birding bisa dilakukan oleh wisatawan di sepanjang tepian jalan. 

Wisata pengamatan burung di Teluk Wondama

Untuk mengamati burung-burung pantai seperti Lesser Frigatebird, Willie Wagtail, Pacific Swallow serta Lesser-crested Tern, wisatawan bisa melakukan perjalanan ke pantai terdekat seperti Pantai Rasiei, Pantai Sewandamuni, Pantai Sobey, Pantai Aisandami atau ke pulau-pulau di Teluk Cendrawasih. Daerah terbuka di pinggir sungai-sungai yang mengalir dari Pegunungan Wondiboy ke arah pantai juga merupakan lokasi wisata pengamatan burung yang baik bagi para wisatawan.
Peralatan yang perlu dibawa antara lain: binocular, spotting scope, kamera digital, laser pointer serta, buku panduan lapangan Birds of New Guinea karya Thane K. Pratt dan Bruce Beehler atau ada buku dengan judul serupa Birds of New Guinea including Bismarck Archipelago and Buogainville karya Phil Gregory. 
pengamatan burung di Wondama
Ekowisata pengamatan burung di Wondama


Aktivitas pengamatan burung biasanya dilakukan di pagi dan di sore hari. Namun demikian ada juga yang dilakukan di malam hari untuk melihat burung-burung seperti Papuan Frogmouth, Large-tailed Nightjar, atau burung apa saja yang tidur di dahan pohon yang rendah seperti Hooded Pitta, Red-bellied Pitta, Spot-winged Monarch atau juga King Bird of Paradise. Ini ditulis oleh LCR-DPDHPIPB

No comments:

Post a Comment

Follow by Email