Search This Blog

Translate

Sunday, February 28, 2021

Atraksi Wisata Alam di Sekitar Teluk Wondama

Wondama adalah nama sebuah kabupaten di Provinsi Papua Barat. Ibukotanya adalah Rasiei. Kabupaten ini memiliki banyak sekali atraksi wisata yang cocok untuk para petualang dan pencinta alam. Beberapa di antaranya adalah:

  • Kali Rowi - Kali ini terletak dekat kawasan kompleks kantor bupati. Untuk menjangkaunya, wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Ada jalan raya yang menuju ke kali tersebut. Di pagi hari, wisatawan bisa berjalan di tepian kali untuk melihat pemandangan Pegunungan Wondiboy yang indah. Beberapa spesies burung tropis Papua yang bisa diamati di hutan sekitar tepian kali antara lain Kakaktua Jambul Sulfur (Sulphur-crested Cockatoo). Orang menyebutnya Sulphur-crested Cockatoo. Ada juga Gagak Kelabu/ Grey Crow (Corvus tristis), Taun-taun/ Blyth's Hornbill (Rhyticeros plicatus), Mina Muka Kuning/ Yellow-faced Myna (Mino dumontii), Burung Matahari Hitam/ Black Sunbird. Air jernih yang dingin mengalir deras di sela-sela batu menuju laut. Beberapa spesies kupu-kupu seperti Common Green Birdwing Butterfly, Silky Owl Butterfly dapat dilihat di hutan sepanjang pinggiran kali Rowi.
Jelajah Kali Rowi dan hutan hujan tropis
Pemandangan Kali Rowi di Rasiei
Kabupaten Teluk Wondama
  • Kawasan Kompleks Kantor Bupati Teluk Wondama ditanami berbagai jenis bunga hibiscus, zinnia, dan lain-lain. Karena lokasinya dekat hutan, taman bunga tersebut menarik berbagai spesies kupu-kupu seperti Kupu-kupu Penjelajah/ Cruiser Butterfly (Vindula arsinoe), Kupu-kupu Sayap Burung Hijau/ Common Green Birdwing Butterfly (Ornithoptera priamus), Blue Mountain Swallowtail (Papilio ulysses), dan masih banyak lagi. Tanaman-tanaman bunga di kompleks kantor Bupati Teluk Wondama cocok dikunjungi oleh wisatawan yang tertarik dengan hibiscus serta kupu-kupu besar. 
pengamatan kupu-kupua Papua dan bunga hibiscus atau kembang sepatu
Wisata Pengamatan kupu-kupu di Wondama
  • Pelabuhan Sewandamuni - Di sini, setiap sore hari, warga kota kecil ini sering terlihat berdiri di dermaga sambil menikmati keindahan pemandangan Teluk Wondama yang indah. Wisatawan yang suka olah raga mancing bisa juga ke sana. Ketika tulisan ini dibuat, dermaga Sewandamuni yang dibangun pemerintah untuk kapal-kapal penyebarangan (kapal ferry) belum difungsikan. Oleh karena itu, wisatawan bisa pergi ke sana untuk sekedar menikmati pemandangan alam dan memancing. 
  • Bukit Aitumieri - Ini adalah situs wisata religi yang penting bagi umat kristiani di Tanah Papua. Namun demikian, Bukit Aitumieri juga adalah lokasi yang cocok untuk wisatawan yang ingin melihat hutan hujan tropis dari dekat. Ada tangga-tangga panjang yang dibuat oleh kelompok-kelompok jemaat GKI di Tanah Papua dari bekas kompleks persekolahan guru, yang dulu dibangun oleh Pendeta I.S. Kijne, menembus hutan menuju apa yang oleh warga setempat disebut Batu Inspirasi. Dari ketinggian ini, wisatawan bisa menikmati udara segar, berbagai jenis vegetasi hijau, serangga, burung, dan sejumlah hewan melata. Dari atas Batu Inspirasi ini, wisatawan bisa melihat keindahan laut biru di Teluk Wondama yang indah dan permai.
  • Bukit Selfie adalah salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi oleh masyarakat Wondama. Terletak di sebelah utara kota Wondama, bukit ini dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua atau roda empat dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Wisatawan bisa melihat pemandangan indah Teluk Wondama dari atas bukit tersebut. Kapal-kapal yang berlayar keluar-masuk Teluk Wondama dengan mudah bisa terlihat dari sini. Nama sebenarnya adalah Wandamui. Ada jalan setapak menuju ke pantai. Karena jalannya yang terjal, wisatawan yang menurini atau menaikinya harus ekstra hati-hati agar tidak terjatuh. Burung Frigate Kecil, Eclectus Parrot, dan Sulphur-crested Cockatoo serta Olive-backed Sunbird sering bisa dilihat beterbangan di lokasi ini.
  • Setelah dari Bukit Wandamui, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan ke Pantai Rowor. Pasir putih yang halus dan pepohonan rindang menjadikan pantai ini sebagai salah satu lokasi wisata favorit di Kabupaten Teluk Wondama. Terumbu karang di perairan Pantai Rowor adalah habitat alami bagi ratusan spesies ikan tropis seperti Striped-surgeonfish, Moorish Idol, Parrotfish, Anemonefish dan masih banyak lagi. Wisatawan sebaiknya membawa peralatan snorkeling sendiri jika ingin melihat keindahan dunia bawah laut di Pantai Rowor.
Secara keseluruhan masih ada banyak sekali atraksi wisata alam yang bisa dikunjungi dan dilihat oleh para wisatawan yang ingin kota Wondama. Atraksi itu akan dibahas dalam artikel mendatang. Ini ditulis oleh L.C.R.