Search This Blog

Translate

Friday, March 18, 2022

Berwisata Keliling Wondama

Wisatawan Spanyol di Laguna Maniondawi - Foto: Eky Sawaki (local guide)

Sebagian besar kawasan Taman Nasional Teluk Cendrawasih berada dalam wilayah pemerintahan Kabupaten Teluk Wondama. Ini adalah daerah tujuan berlibur bagi wisatawan yang tertarik dengan aktivitas berenang, snorkeling dan melihat pemandangan bahari. Ada banyak tempat dan pulau-pulau indah yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Beberapa di antaranya dijelaskan sebagai berikut:

Wasior - kota kecil ini sebaiknya menjadi tujuan pertama wisatawan jika ingin mengeksplorasi keindahan alam pulau-pulau di Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Ibu kota Kabupaten Teluk Wondama adalah Rasiei. Ini adalah kawasan pemerintahan yang tersambung dengan kota Wasior.

Tempat pertama yang bisa dikunjungi oleh wisatawan di Wasior adalah Batu Inspirasi. Letaknya di Bukit Aitumieri. Wisatawan bisa mencapainya dengan berjalan kaki mendaki lereng bukit yang terjal selama kurang lebih satu jam. Duduk di bukit ini, wisatawan bisa menikmati keindahan Teluk Wondama dengan lautnya yang biru dan hutannya yang hijau. Kupu-kupu dan burung bisa dilihat di hutan lebat Aitumieri. Ini adalah tempat yang sering dikunjungi oleh I.S. Kijne ketika sedang menulis nyanyian-nyanyian rohani yang sekarang telah dikumpulkan dalam sebuah buku berjudul: Mazmur dan Nyanyian Rohani terbitan BPK Gunung Mulia. Buku nyanyian tersebut masih dipakai oleh GKI di Tanah Papua dan sejumlah gereja lain di Indonesia.

wisata hiking di Kabupaten Teluk Wondama
Pemandangan di Batu Inspirasi Bukit Aitumieri, Wasior

Di kaki bukit ada beberapa gedung yang dibangun oleh para misionaris Belanda di awal tahun 1900an sebagai sekolah guru yang pertama bagi masyarakat asli Papua.

Ada sejumlah pantai dan kawasan terumbu karang di Wasior. Yang terdekat adalah Pantai Ketapang Lima. Ini adalah tempat di mana wisatawan bisa berenang dan snorkeling. Banyak ikan tropis bisa dilihat di sini. Beberapa di antaranya adalah berbagai spesies butterflyfish, surgeonfish, rabbitfish, anemonefish, snapper, trevally, grouper, parrotfish, wrasse, cardinalfish, goby, lionfish, dll. Snorkeling bisa juga dilakukan di utara Pantai Rowor. Wisatawan yang suka mancing bisa pergi ke Pelabuhan Siewandaimuni di dekat Rasiei. 

pantai dan bukit Wandamui di Teluk Wondama
Pantai dan Bukit Wandamui di Kabupaten Teluk Wondama

Mereka bisa juga pergi ke Pantai Wandamui yang terletak di luar kota Wasior. Ada air terjun dan kolam yang luas di sudut pantai itu. Wisatawan bisa berenang di sana. Bukit Wandamui adalah lokasi yang suka dikunjungi warga kota untuk melihat pemandangan Teluk Wondama yang luas sambil mengambil foto-foto selfie.

air terjun Waki di Kampung Dusner
Air Terjun di Wilayah Hutan dari Kampung Dusner

Di sisi lain dari Teluk Wondama, ada air terjun yang terletak di wilayah Kampung Dusner. Ini adalah tempat yang bisa dikunjungi wisatawan sambil berendam di air dingin dan mendengar kicauan burung serta menghirup udara segar dari hutan tropis.

Pengamatan Flora dan Fauna

Untuk wisatawan yang suka melihat flora dan fauna, Naikere adalah tempat yang perlu dijelajahi. Hutan hujan tropis yang luas menutupi wilayah ini. Ada banyak spesies burung yang bisa dilihat di sana termasuk: Cendrawasih Kuning Kecil (Paradisaea minor), Cendrawasih Raja (Cicinnurus regius), Toowa Cemerlang (Ptiloris magnificus), Cendrawasih 12 Antena (Seleucidis melanoleucus) , Kakaktua Jambul Kuning (Cacatua galerita), Kakaktua Raja (Probosciger aterrimus), Peltop Dataran Rendah (Peltops blainvilii), Mina Emas (Mino anais), Mina Muka Kuning (Mino dumontii), Nuri Kepala Hitam (Lorius lory) dan masih banyak lagi. Kuskus, rusa, babi hutan dan lao-lao juga bisa ditemukan di sana.

hutan hujan tropis di Naikere
Hutan Hujan Tropis di Naikere, Kab. Teluk Wondama
Habitat asli ratusan spesies burung-burung Papua dan berbagai fauna lainnya

Wisata Bahari

Ada banyak pulau di Teluk Cendrawasih yang bisa dijelajahi. Auri, Purup, Roswar, Rumberpon, Yoop dan Roon adalah beberapa kelompok kepulauan di Kabupaten Wondama. Titik start untuk berwisata adalah kota Wasior. Dari sini para pemandu lokal (local guide) akan menyiapkan speedboat dan perbekalan sebelum berangkat ke pulau-pulau yang indah tersebut. Bahan makanan, bahan bakar dan keperluan logistik lainnya bisa dibeli oleh wisatawan di kota Wasior. 

Wisatawan sebaiknya membawa sendiri peralatan snorkeling (kaca mata renang, pipa napas dan kaki bebek). 

liburan di Pulau Rariyau
Pulau Rariyau di Distrik Roon Kabupaten Teluk Wondama

Pemandu wisata akan membawa peserta tur ke kampung Yende, Menarbu atau Niap untuk memberitahu warga setempat tentang rencana aktivitas wisata di sekitar Pulau Roon, dan juga sebelum melanjutkan perjalanan ke Pulau Rariyau atau ke Pulau Matas. 

terumbu karang di Pulau Purup
Terumbu Karang di Kepulauan Purup
Cacing Pohon Natal di terumbu karang perairan Teluk Wondama

Untuk jalan-jalan ke Kepulauan Purup, wisatawan akan diantar dulu ke Kampung Yomakan guna melapor ke warga setempat. Pondok wisata (homestay) bisa disiapkan oleh warga jika mereka mau tinggal di kampung dan berinteraksi dengan penduduk.

Ada kali berair panas di Pulau Roswar. Wisatawan bisa mengunjunginya pula. Karena airnya panas sekali, sangatlah berbahaya bila wisatawan berenang langsung di sana. Wisatawan bisa berenang di pantai yang airnya tidak panas.

Kota Wasior dilihat dari udara

Bagaimana ke Wondama?

Perjalanan ke Kabupaten Teluk Wondama mudah dilakukan. Wisatawan internasional perlu terlebih dahulu terbang ke Jakarta atau Denpasar Bali. Dari sana mereka bisa mengambil penerbangan domestik ke Manokwari (ibu kota Provinsi Papua Barat). Maskapai Batik Air, Sriwijaya dan Lion Air menyediakan layanan terbang reguler dari kota-kota besar di Indonesia ke Manokwari. Tiba di Manokwari, wisatawan bisa beristirahat selama minimal 1 hari. Ada hotel, restoran dan pusat-pusat perbelanjaan di sini. Setelah itu, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan ke kota Wasior (Rasiei) dengan naik kapal penumpang dari Pelabuhan Anggrem atau naik pesawat Cessna Caravan 208 milik Susi Air dari bandara Rendani ke Wasior (Rasiei). Tiket bisa dibeli di pelabuhan kapal dan di bandara dengan harga yang sangat terjangkau.

berwisata ke Kabupaten Teluk Wondama di Indonesia
Rute Pesawat ke Kabupaten Teluk Wondama

berwisata ke Kabupaten Teluk Wondama
Rute Kapal Penumpang Manokwari - Wasior (Rasiei)

Jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut tentang perjalanan ke Kabupaten Teluk Wondama, silahkan menghubungi:

Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Teluk Wondama lewat nomor kontak berikut:

Ketua - Rio Suabey: +62 821 9869 4761

Wakil- Eky: +62 812 4893 1154

Sekretaris: Amsal Tinoring: +6282197937120

atau

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Teluk Wondama

Jalan Raya Rasie Kompleks Perkantoran

RASIEI, TELUK WONDAMA

Provinsi of Papua Barat, Indonesia

E-mail: disparbudtelukwondama.info@gmail.com

Semoga perjalanan wisatawan ke Kabupaten Teluk Wondama menjadi menyenangkan dan memberikan kenangan baik tentang indahnya alam dan ramahnya masyarakat di Tanah Papua ini. Ditulis oleh Charles Roring


Oh ya... hampir lupa. Mohon agar wisatawan tidak membuang sampah plastik dan bahan berbahaya lainnya di tempat-tempat wisata. Plastik bekas bungkusan makanan bisa dibawa kembali ke kota dan ditaruh di tempat sampah. 🙏

No comments:

Post a Comment