Search This Blog

Translate

Monday, March 21, 2022

Wisata Bahari di Wondama

Tarian tradisional para pemudi Rumberpon
Wisatawan Eropa sedang menonton tarian tradisional di Pulau Nusrowi yang disuguhkan oleh para pemudi dari Rumberpon
Sebagian besar wilayah Kabupaten Wondama terdiri dari perairan laut dengan banyak sekali pulau tropis yang indah. Pulau-pulau itu dikelilingi oleh terumbu karang yang menjadi habitat alami berbagai spesies hewan dan tumbuhan laut. Hal ini merupakan daya tarik wisata bahari yang penting tidak hanya di Tanah Papua tetapi juga di dunia. 

Ada banyak kawasan terumbu karang yang bisa dikunjungi oleh wisatawan penikmat aktivitas renang, snorkeling dan selam skuba. 

pulau kelapa satu di perairan Purup Rumberpon
Kelapa Satu di Perairan Purup - Foto: Eki Sawaki

Jika ingin menikmati wisata bahari di Kabupaten Teluk Wondama, wisatawan perlu berangkat terlebih dahulu ke kota Wasior. Ibu kota Kabupaten Teluk Wondama adalah Rasiei. Ini merupakan sebuah kawasan pemerintahan yang terletak di bagian selatan Wasior. Jadi Wasior adalah pusat aktivitas perekonomian, perhubungan dan pemerintahan dari kabupaten tersebut

Ada hotel, penginapan, toko-toko, pasar tradisional, rumah makan, kapal, dan speedboat di sana. Wisatawan bisa melihat daftarnya di link ini: Fasilitas Pendukung Pariwisata di Kabupaten Wondama.

pasar tradisional di kota Wasior
Pertokoan dan Pasar tradisional di Kota Wasior
Jangan lupa membawa peralatan snorkeling seperti mask (kaca mata selam), snorkel (pipa napas) dan swim fins (kaki bebek). Kamera tahan air seperti Nikon W300 atau Gopro akan memungkinkan wisatawan untuk mengabadikan momen-momen penting selama mereka berlibur di Wondama.
wisatawan Belanda di Teluk Wondama
Wisatawan Belanda di Wasior, Kabupaten Teluk Wondama

Para pemandu turis yang tergabung dalam Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Cabang Wondama bisa menyiapkan speedboat untuk kegiatan wisata bahari tersebut. Agar biaya tur bahari ini lebih terjangkau, wisatawan sebaiknya datang dalam grup 4 - 6 orang atau lebih.

Di sekitar kota Wasior, ada beberapa pantai yang indah seperti: Rasiei, Ketapang Lima, Sobey, Wandamui, Rowor serta Tanjung Duairi. 

Lebih ke arah utara dari Semenanjung Wondiboy, ada Aisandami dan Yopanggar. Ini adalah dua kampung pesisir yang menarik untuk dikunjungi. Wisatawan bisa menginap di pondok-pondok wisata (homestay) milik warga selama beberapa hari untuk berinteraksi dengan penduduk setempat, melihat keunikan budaya masyarakat Wondama, melihat dari dekat bagaimana nelayan lokal menangkap ikan menggunakan peralatan sederhana, mencari kepiting ketika air surut, menokok sagu dan mengeksplorasi hutan bakau yang menjadi rumah bagi berbagai satwa pesisir.

Ada beberapa bagan di perairan laut antara Pulau Yoop dan Pulau Roon. Wisatawan bisa mengunjunginya di malam hari untuk melihat bagaimana nelayan menarik jaring guna menangkap ikan, atau di pagi hari untuk melihat apakah ada ikan hiu paus (whaleshark) mendekat mencari ikan puri yang berkumpul di bawah bagan.

Perairan di sekitar kampung Yende, Indai, Syabes, Mena, Niap, Menarbu dan Saryai 

dipenuhi oleh berbagai jenis ikan. Wisatawan bisa juga menikmati aktivitas mancing bersama  nelayan setempat.

Kali Panas di Roswar, Kabupaten Wondama

Di Pulau Roswar ada sumber mata air panas yang cukup besar. Airnya mengalir membentuk sungai kecil ke laut. Suhu air sangatlah tinggi sehingga berbahaya bagi wisatawan jika berenang di sana. Wisatawan bisa berenang di pantai di depan rumah-rumah wisata yang sudah disiapkan oleh pemerintah. Waktu tempuh dari kota Wasior ke sumber mata air panas Roswar dengan speedboat berkapasitas 10 penumpang, yang ditenagai oleh 2 motor tempel masing-masing 40 horsepower, adalah sekitar 2 jam. 

Memasuki kawasan Taman Nasional Teluk Cendrawasih, wisatawan bisa melihat keindahan Pulau Yoop, Kepulauan Roon, Kepulauan Auri, Kepulauan di depan Distrik Windesi serta Kepulauan Purup di selatan Rumberpon. Pulau-pulau di kawasan itu dikelilingi oleh gugusan terumbu karang yang indah dan kaya sekali dengan flora fauna bahari. 

Wisatawan bisa menginap di rumah-rumah milik warga baik di Kampung Yembekiri maupun di Kampung Yomakan.

Transportasi ke Kabupaten Wondama
Kota Wasior dapat dicapai dengan mudah menggunakan kapal maupun pesawat dari kota Manokwari.  Wisatawan yang ingin menikmati snorkeling di sana, hendaknya melapor dulu di kampung  yang terdekat dari kawasan terumbu karang guna meminta izin. Selama menikmati wisata renang dan snorkeling, wisatawan hendaknya tetap menjaga kelestarian alam bahari setempat dengan tidak menginjak, membuang jangkar di karang, dan juga tidak meninggalkan sampah baik di pantai maupun di laut.

KM Margareth dan KM Express Bahari
Pelabuhan Anggrem Manokwari

Kapal Motor KM Margareth berlayar antara Pelabuhan Anggrem di Manokwari dan Pelabuhan Wasior dengan jadual dan rute sebagai berikut:

  • Kamis: Manokwari - Wasior
  • Jumat: Wasior - Manokwari
  • Minggu: Manokwari - Wasior
  • Senin: Wasior - Manokwari.

Kapal biasanya berangkat pada jam 17:00 dan tiba keesokan harinya di pelabuhan tujuan. Harga tiketnya sangat terjangkau yakni: 160 ribu rupiah/ orang. Tempat tidur disediakan bagi penumpang di geladak. Penumpang, yang membutuhkan privasi lebih, bisa menyewa kamar di kapal dengan harga 500 ribu rupiah/ kamar. Ada 2 tempat tidur bersusun di setiap kamar itu dan dilengkapi dengan Air Conditioning (AC). 

Selain itu pula, ada kapal cepat KM. Express Bahari 9E yang berlayar pada hari Minggu, Senin, Rabu dan Kamis pada dua rute yang berbeda antara Manokwari - Wasior. 

Kapal Motor Penyebrangan KMP Napan Wainami berangkat dari pelabuhan Marampa Sowi Ampat di kota Manokwari pada sore hari menuju Wasior setiap hari Selasa dan Sabtu. Setelah itu kapal tersebut akan berlayar balik ke kota Manokwari. Harga tiketnya sangat terjangkau bagi wisatawan. 

Kota Manokwari adalah ibu kota Provinsi Papua Barat. Setiap hari ada penerbangan regular dari kota-kota besar di Indonesia menuju kota Manokwari yang dilayani oleh maskapai Sriwijaya Air, Batik Air, dan Lion Air. 

Jalur pesawat ke Wasior
Jalur penerbangan internasional

pesawat Manokwari - Wasior
Rute penerbangan domestik ke kota Wasior (Rasiei) di Kabupaten Teluk Wondama

Wisatawan internasional bisa terbang ke Singapura dari negara mereka masing-masing. Kemudian mereka bisa melanjutkan penerbangan ke kota Manado naik Scoot Air yang adalah anak perusahaan dari Singapore Airlines. Dari kota Manado, wisatawan bisa terbang ke Manokwari menggunakan maskapai penerbangan domestik.

Sebagian besar penerbangan internasional ke Indonesia menuju kota Denpasar, Jakarta dan Surabaya. Wisatawan bisa ke kota-kota tersebut terlebih dahulu lalu. Setelah itu mereka dapat melanjutkan perjalanan udara ke kota Manokwari sesuai rute di bawah ini. 

penerbangan Manokwari - Wasior
Pesawat milik Susi Air

Perjalanan ke kota Wasior bisa dilakukan menggunakan Susi Air yang mengoperasikan pesawat penumpang kecil Cessna Grand Caravan 208B berkapasitas 10 penumpang. Ada 4 penerbangan dalam seminggu antara Manokwari dan Wasior pada hari Minggu Rabu, dan Jumat (harga tiket 281 ribu/ orang) serta Selasa (harga tiket 515 ribu/ orang). Tiket bisa dibeli di loket Susi Air di bandara baik di Manokwari maupun di Wasior. 

Jika wisatawan tertarik untuk melakukan perjalanan wisata ke Kabupaten Teluk Wondama, dan membutuhkan jasa pemandu (local guide), silahkan menghubungi Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Cabang Kabupaten Teluk Wondama lewat nomor-nomor WA berikut:

  • Rio Suabey: +62 821 9869 4761
  • Eky Sawaki: +62 812 4893 1154
  • Amsal Tinoring: +6282197937120
Atau 

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Teluk Wondama
Jalan Raya Rasie Kompleks Perkantoran
RASIEI
TELUK WONDAMA
Provinsi Papua Barat, Indonesia
E-mail: disparbudtelukwondama.info@gmail.com

*) Perlu diperhatikan oleh pembaca bahwa informasi terkait jadual penerbangan, pelayaran dan harga tiket, sewaktu-waktu dapat berubah. Oleh karena itu, wisatawan perlu melihat langsung informasi yang disediakan oleh masing-masing penyedia jasa tersebut.

Artikel ini ditulis oleh Charles Roring - DPD HPI Papua Barat

No comments:

Post a Comment